Rabu, 02 Oktober 2013

INTERIOR DAN EKSTERIOR KUBAH BETON MASJID

Membuat Kubah beton untuk Masjid tidaklah sesulit yang kita bayangkan ternyata biaya lebih murah, pengerjaan cukup mudah, konstruksi lebih kuat dan tahan lama serta bentuknya dapat dibuat seindah mungkin sesuai selera.

Hal ini telah kami buktikan dan kami membangun masjid secara swadaya dan gotong royong oleh masyarakat Perumahan Barelang Tanjung Uncang Batam.

Kami membangun kubah tanpa bantuan seorang arsitek atau ahli teknik sipil, namun kami berusaha membuat kubah masjid yang cukup indah, meskipun hanya dirancang dan dibangun oleh para tokoh masyarakat yang belum profesional tetapi hasilnya tidak kalah bagusnya dibanding kubah - kubah masjid lain yang dirancang oleh arsitek.

Dengan bermusyawarah Kami menentukan kira - kira bagaimanakah yang terbaik mengenai bentuk atau desainnya serta bagaimanakah nantinya cara teknik proses pembuatannya, tentunya sangat mempertimbangkan aspek efisiensi biaya, tingkat kesulitan dan lain sebagainya.

Meskipun dana minim Kami warga masyarakat perumahan Barelang berusaha untuk memberikan yang terbaik untuk Masjid.

Berikut Kami share foto-foto kubah masjid Al-Khairat lengkap dengan profil beton untuk ornamen eksterior kubah, kaca kaligrafi, dan hiasan interior kubah.


Kubah Masjid Profil Beton





Kubah Beton ( tampak keseluruhan )



Kaca Mozaik Kaligrafi ( bahan dari Cermin )





Interior dalam Kubah ( tampak dari bawah / dalam masjid )

Lukisan Interior Kubah dan Lampu Hias Gantung
Tiang Kubah dan Profil / ornamen Tiang
Interior Mihrab / Pengimaman serta mimbar podium
Tangga Stainless di atas atap masjid untuk naik ke Kubah

Mahkota / Puncak Kubah

4 komentar:

  1. Assalamualaikum,
    admin yth, kami dari Masjid Al-Ittihad Bandung-Jawa Barat mohon pencerahan untuk spesifikasi dan biaya untuk pembuatan kubah di masjid kami. apakah agent resmi Bapak di Jawa Barat ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Walaikum salam, mengenai rangka kubah, jari jari vertikal menggunakan besi cor biasa diameter 10mm dengan panjang disesuaikan kelengkungan serta ketinggian kubah dengan spasi jarak antar jari jari 200 ~ 250mm. Untuk spiral horizontal menggunakan besi diameter 8mm dililitkan melingkar dari bawah keatas seperti per keong mengikuti bentuk jari jari kubah dengan spasi yg sama. Kemudian setelah rangka besi selesai dirakit dari dalam dipasang jaring kawat dengan ukuran kerapatan 5mm.dipasang diseluruh permukaan rangka kubah. Kemudian siap untuk diplaster dengan campuran pasir semen 1 banding 3 setebal 5 sampai 6cm. Biaya untuk kubah diameter 5 meter sekitar 30 sampai 40jt. Tergantung daerah masing masing, harga material serta ongkos tukang.

      Hapus
  2. nice post gan... manstap gan produknya.. barang kali bisa kerja sama
    ====================================
    Pesan Kubah Masjid Murah - stainless steel/enamel/panel harga murah hanya ada di, Mahkota Kubah dot net

    BalasHapus